Apa Itu CMS?

Assalammualikum Wr. Wb.

Create-script - haii gaesss....kali ini saya akan sharing mengenai CMS, CMS adalah kepanjangan dari Content Management System, Untuk lebih lengkapnya, silakan disimak saja yaa....





A. PENDAHULUAN
  • Pengertian
CMS Merupakan kepanjangan dari Content Management System. CMS merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengatur konten website.
  • Latar Belakang
Hampir semua website pasti memiliki CMS yang mengatur kontenya, kecuali web statis. nah maka dari itu, saya tertarik oleh mempelajari CMS, dan oleh perasaan saya yang tertarik dari CMS itu lah yang membuat saya men-share blog tentang CMS ini
  • Maksud dan Tujuan
Agar dapat mengetahui tentang CMS

B. PEMBAHASAN

  • Mengenal CMS
CMS Merupakan kepanjangan dari Content Management System. CMS merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengatur konten website. Hampir semua website pasti memiliki CMS yang mengatur kontenya, kecuali web statis. sebuah CMS biasanya memiliki kemampuan untuk meng-update, mengedit, mengatur, dan menampilkan data. di internet, telah banyak sekali CMS gratis yang semakin hari semakin bertambah pula jumlahnya.

  • Keuntungan Menggunakan CMS
  1. Kita dapat menggunakan CMS tanpa perlu membuat dari awal.
  2. Kita dapat meng-custom CMS dengan cepat, karena kita tidak coding dari awal
  • Keuntungan Membuat CMS
Menmbuat CMS sendiri dari awal lebih memiliki banyak keuntungan, beberapa diantaranya sebagai berikut :
  1. Fitur CMS dapat disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan, kita dapat lebih mudah meng-custom CMS buatan sendiri, karena kita sudah tahu tempat-tempat untuk meng-custom CMSnya.
  2. Kita dapat menambahkan fitur CMS dengan mudah Pula, karena kita mengetahui seluruh struktur pemrograman CMS.
  3. Tampilan dan Struktur website berbeda dengan CMS lain, sehingga website kita memiliki ciri khas tersendiri.
  4. membuat website dengan CMS yang dikembangkan sendiri membuat para programmer yang membangun CMS terlihat profesional.
  5. Dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan kemampuan pemrograman website.
  6. Dapat dijadikan portofolio untuk mencari pekerjaan sebagai programmer.
  • Bahasa Pemrograman yang digunakan dalam Pembuatan CMS
dalam pembuatan suatu website, programmer tidak dituntut ahli dalam bahasa pemrograman, namun para programmer harus paham cara penulisan dan dapat mengatasi error pada script nya. berikut adalah beberapa bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan CMS :

HTML
HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language. HTML berperan sebagai struktur dalam pembuatan suatu website, atau bisa disebut dengan Kerangka pembuatan suatu website.

CSS
CSS merupakan singkatan dari Cascading Style Sheet yaitu script yang digunakan untuk mengatur desain website. Walaupun HTML mempunyai kemampuan untuk mengatur tampilan website namun kemampuannya sangat terbatas, fungsi dari CSS ini adalah memberikan pengaturan lebih lengkap agar struktur website yang dibuat dengan HTML terlihat dan Indah.

PHP
PHP merupakan singkatan dari Hypertext Prepocessor yang merupakan server-side-programming yaitu bahasa pemrograman yang diproses di sisi server. fungsi utama PHP dalam membangun website adalah untuk melakukan pengolahan data pada database. data website akan dimasukkan ke database, diedit, dihapus, dan ditampilkan pada website yang diatur oleh PHP.

SQL
script SQL merupakan script yang digunakan untuk memodifikasi database , pada berbagai jenis database. Adapun dalam buku ini, kita akan menggunakan database MYSQLi sebagai teknologi terbaru yang menggantikan MYSQL. dalam prakteknya script SQL akan dikendalikan oleh PHP. PHP akan mengatur kapan script SQL akan dijalankan.

 
C. HASIL YANG DIDAPATKAN
  • Kita dapat mengetahui gambaran mengenai CMS dan bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan CMS
D. KESIMPULAN
  • Dalam Pembuatan CMS, programmer tidak dituntut ahli dalam suatu bahasa pemrograman, namun minimal memahami sedikit dan mengetahui cara penulisan bahasa pemrograman tertentu
E. REFERENSI
  • Buku Trik Mudah Membuat CMS Website dari Nol

Sekian sharing saya dalam kesempatan ini, mengenai tentang CMS.....

semoga Bermanfaat....


Wassalammualaikum Wr. Wb.