Mengenal Logika dan Algoritma Pemrograman Dasar

Assalammualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan sharing mengenai sedikit pengetahuan saya mengenai Logika dan Algoritma Pemrograman dasar, untuk lebih lengkapnya. kita simak aja yaa....

A. PENDAHULUAN
  • Pengertian
  • Latar Belakang
  • Maksud dan Tujuan
B. ALAT DAN BAHAN
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
D. RANGKAIAN KEGIATAN

  •  Pemrograman Komputer

Dalam kehidupan sehari hari, untuk berkomunikasi dengan orang lain, kita harus menggunakan bahasa yang sama dengan orang tersebut. apabila kita menggunakan bahasa indonesia, lawan bicara kita juga harus menggunakan bahasa indonesia, sehingga bahasa yang kita gunakan dengan lawan kita bisa sinkron. hal tersebut sama dengan pemrograman komputer, kita harus menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer untuk memberikan suatu intruksi atau perintah.

pada dasarnya, komputer merupakan mesin digital. komputer hanya mengenal kondisi ada arus listrik (biasanya dilambangkan 1), dan tidak ada arus listrik (biasanya dilambangkan dengan 0). dengan kata lain, kita harus menggunakan 0 dan 1 untuk melakukan pemrograman komputer. bahasa pemrograman yang menggunakan 0 dan 1 ini disebut bahasa mesin. karena bahasa mesin sangat sulit untuk dipelajari, maka muncul ide untuk melambangkan untaian sandi 0 dan 1 dengan singkatan kata yang lebih mudah untuk dipahami. singkatan kata ini kemudian sering disebut mnemonic code. bahasa pemrograman yang menggunakan singkatan kata ini disebut bahasa assembly.

Langkah - Langkah Pemrograman Komputer

berikut ini merupakan beberapa langkah yang harus dilakukan dalam pemrograman komputer :
  1. Mendefinisikan Masalah langkah pertama yang harus dihadapi dalam pemrograman komputer adalah mendefinisikan masalah yang ada dalam pemrograman komputer.
  2. Menentukan Solusi setelah kita mengetahui dengan benar masalah apa yang kita hadapi adalah menentukan masalahnya, karena tidak mungkin suatu masalah akan dibiarkan tanpa menggunakan solusi.
  3. Memilih Algoritma, algoritma merupakan urutan langkah berhingga untuk memcahkan masalah logika atau matematika.
  4. Menulis Program pada langkah ini anda mulai membuat suatu program, dimana program tesebut dapat dijalankan dan dapat di implementasikan, dalam menuliskan program pertama anda tidak harus langsung menggunakan bahasa pemrograman yang rumit, namun, lebih baik anda memulainya dengan bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari.
  5. Menguji Program, setelah kita membuat suatu program, kita harus mengujinya, dengan kegiatan tersebut anda dapat melihat kekurangan dari program yang anda buat, dan anda juga dapat langsung memperbaikinya.
  6. Menuliskan Dokumentasi setelah anda menguji suatu program yang anda buat, anda harus mendokumentasikannya, dan mengevaluasi mengenai kekurangan apa saja yang ada dalam program yang anda buat serta deskripsi-deskripsi lainnya.
  7. Merawat Program, setelah anda membuat suatu program, anda harus merawatnya agar program yang anda buat dapat terus berjalan dan dalam terus digunakan

  • Apa Itu Algoritma ?

Algoritma merupakan urutan langkah berhingga untuk memecahkan masalah logika atau matematika

Dalam kegiatan sehari hari, anda dapat menggunakan algoritma untuk melakukan sesuatu. seperti, Anda ingin membuat mie instan, anda perlu melakukan beberapa langkah seperti berikut.
  1. Membeli Mie instan
  2. Membuka Mie Instan
  3. Memasukkan Mie Instan ke dalam panci yang telah diberi air dan dinyalakan hingga mendidih
  4. Membuka Bumbu dan Mencampurnya
  5. menyajikan mie instan ke dalam mangkuk
  6. Memakannya

Langkah langkah diatas merupakan sebuah algoritma. jadi anda sebenarnya telah melakukan sebuah algoritma baik sadar maupun tidak sadar. dalam kegiatan aslinya algoritma yang anda lakukan tidak selalu berurutan seperti langkah diatas, kadang kalian membalikkan urutannya dari 3 ke 4 dan 4 ke 3 maupun sebagainya. dalam kegiatan lainnya anda mungkin melakukan langkah langkah diatas secara beberapa kali. 


E. HASIL YANG DIDAPATKAN
  • Dapat mengetahui mengenai Logika da n Algoritma Pemrograman Dasar
F. TEMUAN PERMASALAHAN
  • Kesulitan menentukan bahasa pemrograman mesin mana yang lebih dahulu dikuasai.
G. KESIMPULAN
  • Logika merupakan hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa
  • Algoritma merupakan urutan langkah berhingga untuk memecahkan masalah logika atau matematika
H. REFERENSI

Sekian sharing yang dapat saya sampaikan hari ini mengenai Logika dan Algoritma Pemrograman Dasar....

Semoga Bermanfaat....

Wassalammualaikum Wr. Wb.