Mengenal FreeBSD

Assalammualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan sharing mengenai sedikit yang saya ketahui tentang FreeBSD. apa sih itu FreeBSD?. untuk lebih lengkapnya, kita simak pembahasan berikut aja yaa....

 
A. PENDAHULUAN
  • Pengertian 
FreeBSD merupakan OS keturunan Unix
  • Latar Belakang
Ingin mempelajari mengenai Sistem Operasi FreeBSD sebelum diadakannya workshop
  • Maksud dan Tujuan
Dapat mempelajari mengenai Sistem Operasi FreeBSD dan memiliki sedikit dasar pengetahuan mengenai FreeBSD sebelum diadakannya Workshop.

B ALAT DAN BAHAN
  • Koneksi Internet
  • Fikiran yang fokus
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
  • Sekitar 30 menit untuk mencermati Pengetahuan mengenai FreeBSD.
D. RANGKAIAN KEGIATAN
  • Definisi
FreeBSD adalah sistem operasi mirip Unix dan open-source turun dari Research Unix melalui Berkeley Software Distribution (BSD). Meskipun untuk alasan hukum FreeBSD tidak dapat menggunakan merek dagang Unix, ini adalah keturunan langsung BSD, yang secara historis disebut juga "BSD Unix" atau "Berkeley Unix". Versi pertama FreeBSD dirilis pada tahun 1993, dan pada 2005 FreeBSD adalah distribusi BSD open-source yang paling banyak digunakan, terhitung lebih dari tiga perempat dari semua sistem terinstal yang menjalankan derivatif BSD open-source.

FreeBSD memiliki kesamaan dengan Linux , dengan dua perbedaan utama dalam cakupan dan perizinan: FreeBSD mengelola sistem operasi yang lengkap, yaitu proyek memberikan kernel , driver perangkat , utilitas pengguna dan dokumentasi , yang bertentangan dengan Linux yang hanya menyediakan kernel dan driver dan mengandalkan ketiga -party untuk perangkat lunak sistem;  dan kode sumber FreeBSD umumnya dirilis dengan lisensi BSD permisif yang bertentangan dengan copyleft GPL yang digunakan oleh Linux.

Proyek FreeBSD mencakup tim keamanan yang mengawasi semua perangkat lunak yang dikirim dalam distribusi dasar. Berbagai macam aplikasi pihak ketiga tambahan dapat diinstal menggunakan sistem manajemen paket pkgng atau Port FreeBSD , atau dengan langsung mengkompilasi kode sumber. Karena persyaratan perizinannya yang permisif, sebagian besar basis kode FreeBSD telah menjadi bagian integral dari sistem operasi lain, seperti Juniper JUNOS , Darwin milik Apple (yang merupakan basis sistem operasi macos , iOS , watchOS , dan tvOS oleh Apple) , pfSense , perangkat lunak sistem Nintendo Switch , dan sistem operasi yang berjalan di PlayStation 3 dan PlayStation 4 Sony .

  • Latar belakang

Akar FreeBSD kembali ke University of California, Berkeley . Universitas tersebut mendapatkan lisensi sumber UNIX dari AT & T. Mahasiswa universitas mulai memodifikasi dan memperbaiki Unix AT & T dan menyebut versi modifikasi " Berkeley Unix " atau "BSD" ini, menerapkan fitur seperti TCP / IP , memori virtual dan Unix File System . Proyek BSD didirikan pada tahun 1976 oleh Bill Joy . Tapi karena BSD berisi kode dari AT & T, Unix, semua penerima harus mendapatkan lisensi dari AT & T terlebih dahulu untuk menggunakan BSD.

Pada bulan Juni 1989, "Jaringan Release 1" atau hanya Net-1 - versi publik pertama BSD - telah dirilis. Setelah merilis Net-1, Keith Bostic , pengembang BSD, menyarankan untuk mengganti semua kode AT & T dengan kode yang dapat didistribusikan secara bebas berdasarkan lisensi BSD yang asli. Bekerja untuk mengganti kode AT & T dimulai dan, setelah 18 bulan, sebagian besar kode AT & T diganti. Namun, enam file yang berisi kode AT & T tetap berada di kernel. Pengembang BSD memutuskan untuk merilis "Networking Release 2" (Net-2) tanpa enam file tersebut. Net-2 dirilis pada tahun 1991.

  • Penggunaan

Sebagai sistem operasi tujuan umum, FreeBSD digunakan dalam berbagai skenario:
Server
    FreeBSD berisi kumpulan perangkat lunak yang berhubungan dengan server secara signifikan di sistem dasar dan koleksi port, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi dan menggunakan FreeBSD sebagai server surat , server web , Firewall , server FTP , server DNS dan router , di antara aplikasi lainnya.

Desktop
    Sistem X Window tidak terinstal secara default, namun tersedia dalam koleksi port FreeBSD . Sejumlah lingkungan Desktop seperti GNOME , KDE dan Xfce , dan window manager ringan seperti Openbox , Fluxbox dan dwm juga tersedia untuk FreeBSD.

Sistem tertanam
    Meskipun secara eksplisit berfokus pada platform IA-32 dan x86-64 , FreeBSD juga mendukung yang lain seperti ARM , PowerPC dan MIPS sampai tingkat yang lebih rendah.


E. HASIL YANG DIDAPATKAN
  • Dapat mempelajari FreeBSD
F. TEMUAN PERMASALAHAN
  • Bahasa yang ada di wikipedia sulit untuk dicermati.
G. KESIMPULAN
  • FreeBSD merupakan sebuah OS turunan Unix.
H. REFERENSI

Sekian sharing yang dapat saya sampaikan hari ini......

Semoga Bermanfaat....

Wassammualaikum Wr. Wb.