Perbedaan Method GET dan POST

Assalammualaikum Wr. Wb.

Create-script - Kali ini saya akan sharing mengenai Method GET dan POST. untuk lebih lengkapnya....silakan simak pembahasan berikut ini....



A. PENDAHULUAN
  • Pengertian
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL.
  • Latar Belakang
Rasa ingin mempelajari perbedaan MySQL dan MySQLi
  • Maksud dan Tujuan
Mempelajari apa itu MySQL dan perbedaannya dengan MySQLi.



B. RANGKAIAN KEGIATAN Method adalah metode/cara yang digunakan untuk mengirimkan data atau nilai ke halaman lain untuk diproses.

ada 2 macam method dalam pemrograman PHP yang dapat kita gunakan pada form, yaitu method POST dan method GET. pada hakikatnya, method POST dan method GET memiliki fungsi yang sama yaitu mengirimkan nilai variabel ke file lain yang telah diatur oleh sang programmer.


  • Method GET
Method GET mengirimkan data tidak langsung
Method GET akan menampilkan data/nilai pada URL, kemudian akan ditampung oleh action. jadi saat anda membuat suatu website yang ada memasukkan passwordnya jangan diberi method GET yaa....karena itu akan membuat data dari sang user menjadi tidak secure(aman).

Pemanggilan Method GET menggunakan $_GET
fungsinya berfungsi untuk memanggil data yang telah diinputkan agar bisa ditampilkan ke file action. jika tidak ada $_GET maka data tidak akan tampil.

Method GET hanya dapat Menampung sebanyak 2047 data
jadi saat anda membuat form dengan menggunkan method GET, maka karakter maksimal yang dapat dimasukkan adalah sebanyak 2047 karakter.



  • Method POST

Method POST mengirimkan data secara langsung
maksud dari langsung disini adalah mengirimkan sebuah data atau nilai langsung ke file lain. pemakaian method POST ni digunakan untuk mengirimkan data yang penting dan data yang orang lain tidak boleh mengetahuinya seperti passwordnya. nah.. itulah yang dimaksud dengan mengirimkan data secara langsung.


Pemanggilan Method POST menggunakan $_POST
$_POST berfungsi untuk memanggil data yang telah diinputkan agar bisa ditampilkan ke file action

Method POST tidak terbatas data
Maksudnya adalah karakter yang anda masukkan adalah tidak terbatas, contoh kasus pada saat anda membuat form alamat, saat anda membuat form alamat dengan method GET, maka panjang karakternya akan menjadi tidak terbatas, dan anda juga dapat mengetikkan sebanyak banyaknya huruf tanpa ada batasan input an nya


C. HASIL YANG DIDAPATKAN
D. TEMUAN PERMASALAHAN

E. REFERENSI

Sekian sharing saya pada kesempatan kali ini.....

Semoga Bermanfaat...

Wassalammualaikum Wr. Wb.