Perbedaan MySQL dan MySQLi

Assalammualiakum Wr. Wb.

Create-script - hai gaesss......kali ini saya akan sharing mengenai perbedaan MySQL dan MySQLi...bagaimana perbedaannya?....kita simak saja yaa....


A. PENDAHULUAN
  • Pengertian
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL. 
  • Latar Belakang
Rasa ingin mempelajari perbedaan MySQL dan MySQLi
  • Maksud dan Tujuan
Mempelajari apa itu MySQL dan perbedaannya dengan MySQLi


B. PEMBAHASAN
Terhitung dari versi 5.5, ekstensi mysql tidak lagi disarankan penggunaannya dan berstatus deprecated, yang berarti mungkin akan dihapus pada PHP versi berikutnya, kita disarankan untuk beralih pada mysqli atau PDO.

mysqli merupakan kependekan dari MySQL Improved Exstension. seperti yang dilihat dari namanya, extension ini adalah versi perbaikan dan penambahan dari ekstension mysql sebelumnya yang umum digunakan. exstension mysqli dibuat untuk mendukung fitur-fitur terbaru dari MySQL server versi 4.1 keatas.

secara garis besar, tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan dari MySQL dan MySQLi, nama nama fungsi yang ada didalam mysqli sebagian besar mirip dengan apa yang telah kita pelajari, yaitu extension mysql.

sebagai contoh, untuk membuat koneksi dengan MySQL server, di dalam mysql kita menggunakan mysql_connect(). namun pada mysqli kita menggunakan mysqli_connect(). begitu juga dengan fungsi lainnya. seperti mysql_query menjadi mysqli_query

selain hanya membutuhkan tambahan huruf i pada scriptnya, nama fungsi dan argumen yang dibutuhkan juga hampir mirip. perbedaannya hanya jika didalam extennsion mysql umumnya kita dapat meletakkan resources di akhir fungsi, maka di mysqli argumen argumen tersebut diletakkan di awal.

contoh didalam mysql kita menuliskan :
mysql_query("SELECT * FROM table");
pada mysqli, script diatas diubah menjadi :
mysqli_query($koneksi, "SELECT * FROM table");
namun perbedaan yang paling mendasar di dalam mysqli adala mysqli mendukung cara penulisan object oriented programming.

  • Mengenal 2 Jenis MySQLi style : Prosedural dan Object Oriented
agar proses migrasi (perpindahan) dari mysql ke mysqli tidak terlalu menyusahkan, PHP memberi 2 alternatif cara untuk penulisan mysqli. yaitu :
  1. Cara yang pertama adalah menggunakan procedural style. cara ini mirip dengan extension mysql, dimana kita menggunakan fungsi-fungsi untuk mengakses database MySQL.  
  2. Cara yang kedua adalah menggunakan object oriented style, dengan cara ini kita menggunakan aturan penulisan pemrograman objek untuk berkomunikasi dengan MySQL. 
kedua jenis style pemrograman mysqli ini menggunakan nama fungsi dan method yang kurang lebih sama. sebagai contoh, didalam procedural style mysqli, terdapat fungsi mysqli_query(), sedangkan dalam OOP style mysqli, kita menggunakan method $mysqli-query(). kita akan membahas lebih dalam tentang cara penggunaan 2 style ini.

C. HASIL YANG DIDAPATKAN
  • Kita dapat mengetahui mengenai perbedaan MySQL dan MySQLi.
D. TEMUAN PERMASALAHAN
  • Bagi pemula, sulit untuk migrasi ke MySQLi, karena mungkin memiliki beberapa kesalahan pada script nya, namun apa arti sebuah keberhasilan tanpa kesalahan?.
E. KESIMPULAN
  • Secara garis besar, tidak ada yang terlalu mencolok dari perbedaan mysql dan mysqli.
F. REFERENSI

Sekian mengenai apa yang saya sharingkan pada kesempatan kali ini....

Semoga Bermanfaat

Wassalammualaikum Wr. Wb.