Menginstall Unicenta POS

Assalammualaikum Wr. Wb.

Create-script - haii gaesss....kali ini saya akan sharing mengenai penginstalan Unicenta POS, apa itu Unicenta?, Apa fungsi dari aplikasi tersebut?. Bagaimana cara penginstallannya?...untuk lebih lengkap, silakan disimak pembahasan berikut....

A. PENDAHULUAN
  • Pengertian
Unicenta adalah sebuah software aplikasi yang digunakan sebagai alat bantu untuk penjualan, aplikasi ini dapat diterapkan di supermarket dan juga kafe kafe sebagai alat penghitung.
  • Latar Belakang
Adanya aplikasi ini, saya berpikiran untuk menerapkannya ke daerah sekitar rumah saya, guna memaksimalkan transaksi jual beli pada toko-toko. juga hal tersebut ingin saya sharing kepada para pembaca blog saya.
  • Maksud dan Tujuan
Dapat menginstall Unicenta, mengerti cara menggunakannya, juga paham cara kerjanya.


B. ALAT DAN BAHAN
  • File Unicenta (saya menggunakan ekstensi zip).
  • OS Linux
  • Unzip yang telah terinstall pada OS Linux sobat.

C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
  • Sekitar  5-10menit an
D. RANGKAIAN KEGIATAN
  • Pertama tama kita buka terminal dengan menggunakan tombol Ctrl + Alt + T 


  • kita masuk root menggunakan perintah su dan masukkan passwordnya.
  • kemudian kita masuk ke direktori dimana kita meletakkan file unicentanya menggunakan perintah :
cd nama_folder
  • kemudian kita unzip file nya (jika belum memiliki aplikasi unzip, install dulu unzipnya) menggunakan perintah :
unzip nama_filenya.zip
  •  kemudian kita masuk ke folder hasil ekstrakannya tadi menggunakan perintah :
cd nama_folder_ekstrakan

  • kemudian untuk menjalankan aplikasi nya, kita ketikkan perintah :
bash start.sh

  • maka akan muncul tampilan seperti ini :



E. HASIL YANG DIDAPATKAN
  • Unicenta telah Berhasil terinstall pada laptop sobat
F. TEMUAN PERMASALAHAN
  • Mungkin yang menggunakan file ekstensi .run mendapatkan beberapa kendala
G. KESIMPULAN
  • Unicenta berhasil terinstall dan siap diterapkan pada toko toko
H. REFERENSI
  • Tidak Ada

Sekian sharing saya pada kesempatan kali ini mengenai Penginstallan Unicenta POS, semoga Bermanfaat...

Wassalammualaikum Wr. Wb.