Javascript Tutorial Part 1 : Pengenalan dan Cara Penulisan Javascript

Assalammualikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan sharing mengenai Apa itu Bahasa Pemrograman Javascript dan juga cara penulisan JavaScript. untuk lebih lengkapnya....silakan simak pembahasan lebih lanjut berikut ini...
 


A. PENDAHULUAN
  • Pengertian
Javascript merupakan bahasa pemrograman web yang bersifat Client Side Programming, artinya pemrosesan dilakukan di sisi client.

  • Latar Belakang
Mendapat kekurangan pada bahasa pemrograman javascript, yaitu belum mengerti cara penulisannya dan juga definisinya serta syntax-syntaxnya.

  • Maksud dan Tujuan 
Ingin membuat website dinamis dengan HTML, CSS, dan JavaScript.

B. ALAT DAN BAHAN
  • 1 Buah PC/Laptop.
  • Koneksi Internet (untuk membaca postingan ini).
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
  • Sekitar 30menit-1jam untuk memahaminya, karena saya saat pemula juga mendapati kendala saat mempelajari javascript.
D. PEMBAHASAN
  • Apa Itu Javascript ?
Javascript merupakan bahasa pemrograman web yang bersifat Client Side Programming, artinya adalah pemrosesan dilakukan di sisi klient. hal ini berbeda dengan di PHP yang di proses di sisi server, dimana browser akan melakukan loading ketika program sedang di proses oleh server. sedangkan pada pemrosesan javascript, browser tidak perlu yang namanya web server.

karena sifat dari javascript ini diproses di sisi klien, maka respon dari jauh lebih cepat dibanding pemrograman yang diproses di server. selain itu, javascript juga dapat digunakan untuk membuat animasi tesk maupun gambar. namun karena sifatnya yang diproses di sisi klien. script javascript juga dapat dilihat oleh para pengunjung website dengan membuka source code pada browser. selain itu, hampir semua browser memiliki fitur untuk mematikan javascript bahkan memanipulasi kode javascript.
  • Kegunaan Javascript
 pada awalnya, javascript digunakan untuk membuat interaksi antara user dan website menjadi lebih cepat seperti pada validasi form yang lebih cepat dibanding menggunakan PHP yang harus menunggu beberapa saat untuk melihat hasil validasi. Namun, dalam perkembangannya, javascript digunakan untuk berbagai keperluan yang lebih modern seperti animasi elemen web, fitur chatting, game online, dll.
  •  Menjalankan Javascript
 Javascript merupakan bahasa pemrograman yang berjalan pada web browser, sehingga untuk menuliskan script javascript cukup menggunakan text editor sedangkan untuk menjalankan hasilnya cukup dengan web browser. untuk aplikasi text editor terserah, anda dapat menggunakan notepad, namun disarankan menggunakan sublime text, karena lebih mudah. dan untuk web browser, anda dapat menggunakan terserah, namun disini saya menggunakan Mozilla Firefox, web browser ini digunakan untuk menjalankan program javascript.
  • Meletakkan Kode Javascript
 Ada berbagai cara untuk menjalankan script javascript  pada HTML, Berikut ini adalah meletakkan kode Javascript :

1. Inline cara ini biasanya digunakan jika kode javascript hanya sedikit atau sekedar memanggil fungsi, cara meletakkan kode javascript melalui cara ini yaitu dengan meletakkan kode setelah atribut event pada tag HTML. berikut adalah contoh penulisan javascript menggunakan Inline :



dan jika dibuka di browser maka hasilnya akan menjadi seperti ini :


2. Internal cara ini digunakan dengan meletakkan kode javascript di dalam tag <script>___</script>. tag ini dapat diletakkan di dalam tag <head> maupun tag <body>. cara ini biasanya digunakan jika kode javascript terdiri dari beberapa baris namun script nya tidak terlalu panjang. kita dapat menggunakan atribut type="text/javascript" untuk membedakan script javascript dengan script lain seperti css. berikut adalah contoh cara penulisan Internal Javascript pada HTML :

 dan jika dibuka di browser, maka hasilnya akan seperti ini :



3. Eksternal metode ini dapat digunakan dengan menggunakan tag <script src="letak file">. yaitu dengan memisahkan kode javascript dengan kode HTML. kode javascript disimpan dengan file lain yang berekstensi .js file tersebut nantinya akan dipanggil dengan tag <script src=""><script> di dalam bagian tag <head> . cara ini digunakan jika kode javascript ada banyak. sehingga dengan metode ini, kita dapat membedakan mana file javascript dan html, karena telah dipisah. nah, untuk metode penulisan ini, kalian harus memiliki 2 file, yaitu file HTML dan juga file JS nya, berikut adalah contoh penulisannya, dan file keduanya saya letakkan satu folder (anda dapat menyesuaikannya) :

file HTML :
File Javascript :

Dan jika kita buka file HTML nya di browser, maka hasilnya akan seperti ini :

Nah, jika di browser tidak muncul, coba cek dan teliti lagi kodingan anda :-)


E. HASIL YANG DIDAPATKAN
  • Dapat Mempelajari Mengenai Javascript dan Cara penulisan Scriptnya.
F. KESIMPULAN
  • Hasil dari contoh diatas adalah sama, tergantung anda menggunakan cara penulisan yang mana.

Sekian yang bisa saya sampaikan mengenai Pengenalan Javascript dan Cara Penulisannya.....

Semoga Bermanfaat....

Wassalammualaikum Wr. Wb.