Server

Assalammualaikum Wr. Wb.

Create-script - haii gaesss...kali ini saya akan sharing Sedikit pengetahuan saya mengenai Server. untuk lebih jelasnya. silakan disimak penjelasan berikut...




A. PENDAHULUAN
  • Pengertian
server adalah program komputer atau perangkat yang menyediakan fungsionalitas untuk program atau perangkat lain, yang disebut "klien". 
  • Latar Belakang
Ingin mendalami mengenai server.
  • Maksud dan Tujuan
Dapat memahami apa itu server.
 
B. PEMBAHASAN
  • Server (Komputasi)
Dalam komputasi, server adalah program komputer atau perangkat yang menyediakan fungsionalitas untuk program atau perangkat lain, yang disebut "klien". Arsitektur ini disebut model client-server, dan perhitungan keseluruhan tunggal didistribusikan ke beberapa proses atau perangkat. Server dapat menyediakan berbagai fungsi, sering disebut "layanan", seperti berbagi data atau sumber daya di antara banyak klien, atau melakukan perhitungan untuk klien. Sebuah server tunggal dapat melayani banyak klien, dan satu klien dapat menggunakan beberapa server. Proses klien dapat berjalan di perangkat yang sama atau mungkin terhubung melalui jaringan ke server pada perangkat yang berbeda. Server tipikal adalah server database, server file, server surat, server cetak, server web, server permainan, dan server aplikasi.
Sistem client-server saat ini paling sering diimplementasikan oleh (dan sering dikenali dengan) model request-response : klien mengirimkan permintaan ke server, yang melakukan beberapa tindakan dan mengirimkan tanggapan kembali ke klien, biasanya dengan hasil atau pengakuan. Menunjuk komputer sebagai "perangkat keras kelas server" menyiratkan bahwa khusus untuk menjalankan server di dalamnya. Ini sering kali menyiratkan bahwa ini lebih kuat dan dapat diandalkan daripada komputer pribadi standar, namun sebagai alternatif, cluster komputasi yang besar mungkin terdiri dari banyak komponen server yang relatif mudah diganti.
  • Sejarah
Penggunaan kata server dalam komputasi berasal dari teori antrian, di mana ia berada pada pertengahan abad ke-20, terutama digunakan di Kendall (1953) (bersama dengan "layanan"), kertas yang memperkenalkan notasi Kendall . Dalam makalah sebelumnya, seperti Erlang (1909), istilah yang lebih konkret seperti "operator [telepon]" digunakan.

Dalam komputasi, "server" setidaknya ada pada RFC 5 (1969), salah satu dokumen paling awal yang menjelaskan ARPANET (pendahulu Internet ), dan dikontraskan dengan "pengguna", yang membedakan dua jenis host : "server- host "dan" user-host ". Penggunaan "penyajian" juga sesuai dengan dokumen awal, seperti RFC 4, yang kontras dengan "host penyajian" dengan "penggunaan-host".

Jargon File mendefinisikan " server " dalam pengertian umum sebuah proses yang melakukan servis untuk permintaan, biasanya jauh, dengan versi 1981 ( 1.1.0 )
  • Operasi
 Sebenarnya, istilah server mengacu pada program atau proses komputer (running program). Melalui metonymy, ini mengacu pada perangkat yang digunakan untuk (atau perangkat yang didedikasikan untuk) menjalankan satu atau beberapa program server. Pada jaringan, perangkat seperti itu disebut host. Selain server, kata-kata melayani dan melayani (seperti kata benda dan kata kerja) sering digunakan, meski pelayan dan pelayan tidak. Kata layanan (kata benda) dapat merujuk ke bentuk fungsi abstrak, misalnya layanan Web. Sebagai alternatif, ini mungkin merujuk ke program komputer yang mengubah komputer menjadi server, misalnya layanan Windows. Awalnya digunakan sebagai "server melayani pengguna" (dan "pengguna menggunakan server"), dalam arti "taat", hari ini orang sering mengatakan bahwa "server melayani data", dalam arti yang sama dengan "memberi". Misalnya, server web "melayani halaman web ke pengguna" atau "melayani permintaan mereka".

Server adalah bagian dari model client-server; Dalam model ini, server menyajikan data untuk klien . Sifat komunikasi antara client dan server adalah request dan response . Hal ini berbeda dengan model peer-to-peer dimana hubungan tersebut saling tergantung pada reciprocation. Pada prinsipnya, setiap proses terkomputerisasi yang dapat digunakan atau dipanggil oleh proses lain (terutama dari jarak jauh, terutama untuk berbagi sumber daya) adalah server, dan proses pemanggilan atau proses adalah klien. Dengan demikian setiap komputer tujuan umum yang terhubung ke jaringan bisa meng-host server. Misalnya, jika file pada perangkat dibagi oleh beberapa proses, proses itu adalah file server . Demikian pula, perangkat lunak server web dapat berjalan di komputer yang cakap, sehingga laptop atau komputer pribadi dapat menjadi tuan rumah server web.

Sedangkan request-response adalah desain client-server yang paling umum, ada yang lain, seperti pola publish-subscribe . Dalam pola penerbitan-berlangganan, klien mendaftar ke pub-sub server, berlangganan jenis pesan tertentu; Pendaftaran awal ini bisa dilakukan dengan request-response. Setelah itu, pub-sub server meneruskan pesan yang sesuai ke klien tanpa permintaan lebih lanjut: server mendorong pesan ke klien, bukan klien yang menarik pesan dari server seperti pada respons permintaan.

Bila mengacu pada perangkat keras, server kata biasanya menunjuk model komputer khusus untuk peran mereka. Secara umum, server menjalankan perannya lebih baik daripada komputer pribadi generik. 
  • Tujuan
Tujuan dari server adalah untuk berbagi data sekaligus berbagi sumber daya dan mendistribusikan karya. Sebuah komputer server dapat melayani program komputernya sendiri juga; tergantung pada skenario, ini bisa menjadi bagian dari transaksi quid pro quo , atau hanya kemungkinan teknis. Tabel berikut menunjukkan beberapa skenario di mana server digunakan.
  • Kebutuhan Perangkat Keras
Kebutuhan perangkat keras untuk server sangat bervariasi, tergantung pada tujuan dan perangkat lunak server.

Karena server biasanya diakses melalui jaringan, banyak yang tidak dijaga tanpa monitor komputer atau perangkat input, perangkat keras audio dan antarmuka USB . Banyak server tidak memiliki antarmuka pengguna grafis (GUI). Mereka dikonfigurasi dan dikelola dari jarak jauh. Manajemen jarak jauh dapat dilakukan melalui berbagai metode termasuk konsol manajemen Microsoft (MMC), PowerShell , SSH dan sistem manajemen berbasis out-of-band berbasis browser seperti iDRAC Dell atau HP iLo .
  • Server Besar
Server tunggal tradisional besar perlu dijalankan dalam waktu lama tanpa gangguan. Ketersediaan harus sangat tinggi, membuat keandalan dan daya tahan perangkat menjadi sangat penting. Server perusahaan mission-critical akan sangat toleran terhadap kesalahan dan menggunakan perangkat keras khusus dengan tingkat kegagalan rendah untuk memaksimalkan waktu operasional . Pasokan listrik yang tidak pernah terputus dapat digabungkan untuk memastikan kegagalan daya. Server biasanya menyertakan redundansi perangkat keras seperti catu daya ganda, sistem disk RAID , dan memori ECC , bersamaan dengan pengujian dan verifikasi memori pra-boot yang ekstensif. Komponen penting mungkin hot swappable , memungkinkan teknisi untuk menggantinya di server yang sedang berjalan tanpa mematikannya, dan untuk mencegah overheating, server mungkin memiliki penggemar yang lebih kuat atau menggunakan pendingin air . Mereka sering dapat dikonfigurasi, dinyalakan dan dimatikan atau diroot ulang dari jarak jauh, menggunakan manajemen out-of-band , biasanya berdasarkan IPMI . Casing server biasanya rata dan lebar , dan didesain untuk dipasangi rak .

Jenis server ini sering ditempatkan di pusat data khusus. Ini biasanya akan memiliki kekuatan yang sangat stabil dan Internet dan keamanan meningkat. Kebisingan juga kurang memprihatinkan, namun konsumsi daya dan output panas bisa menjadi masalah serius. Kamar server dilengkapi dengan perangkat pendingin ruangan.
  • Cluster
Sebuah cluster server peternakan atau server adalah kumpulan server komputer yang dikelola oleh sebuah organisasi untuk memasok fungsionalitas server yang jauh melampaui kemampuan satu perangkat. Pusat data modern sekarang sering dibangun dari cluster yang sangat besar dari server yang jauh lebih sederhana, [9] dan ada upaya kolaborasi, Open Compute Project seputar konsep ini.

  • Peralatan
Kelas server spesialis kecil yang disebut peralatan jaringan umumnya berada pada skala rendah, seringkali lebih kecil dari komputer desktop biasa.
  • Sistem Operasi
Di Internet, sistem operasi yang dominan di antara server adalah distribusi open source UNIX, seperti yang berbasis Linux dan FreeBSD, dengan Windows Server juga memiliki pangsa yang sangat signifikan. Sistem operasi proprietary seperti z / OS dan macOS Server juga digunakan, namun dalam jumlah yang jauh lebih kecil.

Sistem operasi berorientasi server khususis memiliki fitur seperti:
  1. GUI tidak tersedia atau opsional
  2. Kemampuan untuk mengkonfigurasi ulang dan memperbarui perangkat keras dan perangkat lunak sampai batas tertentu tanpa restart
  3. Fasilitas backup lanjutan untuk memungkinkan backup data rutin dan reguler secara reguler,
  4. Transparan transfer data antar volume atau perangkat yang berbeda
  5. Kemampuan jaringan yang fleksibel dan canggih
  6. Kemampuan otomasi seperti daemon di UNIX dan servis di Windows
  7. Keamanan sistem ketat, dengan perlindungan pengguna, sumber daya, data, dan memori tingkat lanjut.
  8. Deteksi dan peringatan lanjutan pada kondisi seperti overheating, prosesor dan kegagalan disk.
Dalam prakteknya, saat ini banyak sistem operasi desktop dan server berbagi basis kode yang sama, yang sebagian besar berbeda dalam konfigurasi.
  • Konsumsi Energi
Pada tahun 2010, pusat data (server, pendinginan, dan infrastruktur listrik lainnya) bertanggung jawab atas 1,1-1,5% konsumsi energi listrik di seluruh dunia dan 1,7-2,2% di Amerika Serikat. Satu perkiraan adalah bahwa konsumsi energi total untuk teknologi informasi dan komunikasi menyimpan lebih dari 5 kali jejak karbonnya di sisa ekonomi dengan memungkinkan efisiensi.

C. HASIL YANG DIDAPATKAN
  • Walaupun mungkin para pembaca tidak mengetahui secara keseluruhan tentang apa itu server, para pembaca pasti sudah memiliki gambarannya.
D. KESIMPULAN
  • Dari penjelasan diatas, kita mengetahui tentang penjelasan server mulai dari Server dan sejarahnya hingga konsumsi Energi nya.
E. REFERENSI

Sekian tutorial saya pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat....

Wassalammualaikum Wr. Wb.