Internet Of Things

Assalammualaikum Wr. Wb.



A. PENDAHULUAN
  • Pengertian
IoT adalah sebuah konsep yang memiliki tujuan memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus.

  • Latar Belakang
Diawali oleh seorang guru yang sharing mengenai IoT, saya berminat, karena beliau memberikan gambaran yang sangat membuat saya mempelajari lebih lanjut mengenai IoT. hingga akhirnya saya menerbitkan artikel ini.

  • Maksud dan Tujuan
Dapat mengerti atau setidaknya memiliki gambaran mengenai Internet of Things.

B. ALAT DAN BAHAN
  • Koneksi internet (untuk membaca artikel ini).
  • Akal Sehat untuk dapat menerima apa yang disampaikan di artikel ini.
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
  • -
D. RANGKAIAN KEGIATAN
  • Definisi IoT
          IoT adalah sebuah konsep yang memiliki tujuan memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus.
          Melalui Internet kita bisa melakukan berbagai data, remote control, dan berbagai hal.

  • Cara Kerja IoT
Untuk lebih mudah memahaminya, saya akan memberikan sedikit gambaran contoh.
bayangkan anda lupa mengunci pintu rumah, dan sekarang anda sedang di luar kota, sehingga anda belum dapat kembali kerumah anda untuk mengunci pintu.

lalu?, apa hubungannya IoT dengan Mengunci Pintu?

Kita mengirimkan pesan perintah kepada smartphone -> diterima oleh perangkat smartphone -> perangkat IoT memberikan perintah untuk modul selonoid doorlock/servo -> kunci pintu bergerak -> pintu terkunci.

tahu fungsinya?. dengan bantuan IoT ini kita bisa mengatasi masalah tersebut dengan sangat mudah. kita hanya mengirimkan suatu perintah dari smartphone kita, agar pintu rumah kita dapat terkunci, sehingga anda tidak perlu kembali ke rumah untuk mengunci pintu.t

IoT tidak hanya digunakan untuk smartphone saja, namun hp jadul pun bisa melakukannya dengan menggunakan Fitur SMS.

  • Prinsip IoT
 IoT bekerja dengan menerjemahkan bahasa pemrograman yang sudah kita  masukkan ke dalam alat dari IoT tersebut. alat tersebut juga bisa dikenal sebagai mikrokontroller.

Ada Banyak jenis mikrokontroller di jaman sekarang ini. seperti Arduino, Raspberry Pi, dll.

Masing-masing mikrokontroller pasti memiliki tingkat kecerdasan masing-masing. dan harganya pun bervariasi, karena hal tersebut sebanding dengan kecerdasannya. jika anda mencari yang tingkat kecerdasannya cukup mumpuni, anda dapat menggunakan Raspberry Pi, namun Raspberry Pi ini harganya juga tidak murah. namun dengan harga tersebut, telah setara dengan tingkat kecerdasan yang diperoleh.




  • Rekomendasi Perangkat IoT
Untuk membuat sebuah IoT, kita perlu perantara untuk menghubungkan kita dengan mikrokontroller. Dan disini kita menggunakan perantara yang bisa disebut dengan API atau Application Programming Interface.

API tersebut dapat memudahkan programmer dalam mengendalikan mikrokontroller IoT yang kita miliki. salah satu keuntungan menggunakan API adalah kita dapat dengan mudah mengembangkan projek kita.


Ada banyak API yang ada pada jaman sekarang, seperti Agnosthings, Evothings, Telegramm Blynk, dan lain sebbagainya. dari sekian banyak API yang ada, yang paling mudah untuk pemula adalah Telegram dan Agnosthings.

  • Manfaat IoT
IoT berfungsi untuk memudahkan kegiatan manusia. so, IoT itu berhubungan dengan kegiatan manusia.

diatas kita telah membahas API. dan disini saya akan menjelaskan sedikit tentang konsep kerja dari API. disetiap API pasti disertai sebuah akses masuk. Akses masuk tersebut berupa token key. dan akses masuk tersebut hanya boleh diketahui oleh Programmer, karena jika orang lain mengetahuinya, maka perangkat IoT kita dapat dengan mudah diprogram ulang oleh orang lain yang tidak seharusnya mengakses perangkat IoT.

Perangkat IoT akan diprogram sedemikian rupa agar dapat mengakses API tersebut secara berkala. lalu jika anda selaku admin ingin melihat update informasi terbarunya, anda akan memberikan perintah khusus guna menampilkan informasi yang kita inginkan.
 

E. HASIL YANG DIDAPATKAN
  • Memiliki Gambaran Mengenai Internet of Things
F. KESIMPULAN
  • Internet of Things dapat membantu kita dalam merawat rumah
G. REFERENSI


Sekian Sharing saya mengenai Internet of Things Hari ini.....

Semoga Bermanfaat...

Wassalammualaikum Wr. Wb.