Pengenalan PHP OOP

Assalammualikum Wr. Wb.


A. PENDAHULUAN
  • Pengertian
OOP merupakan kependekan dari Object Oriented Programming (Pemrograman Berbasis Objek) yang merupakan salah satu cara membuat program dengan memecah alur program menjadi modul modul sederhana yang disebut dengan objek.

  • Latar Belakang
Saya tertarik mempelajari OOP karena diawali oleh salah satu seseorang yang memberi gambaran mengenai OOP

  • Maksud dan Tujuan
Dapat mempelajari mengenai PHP OOP dan paham dengan benar mengenai penjelasan apa itu PHP OOP.


B. ALAT DAN BAHAN
  • Bahan Materi
  • PC atau Laptop
  • Teks Editor
  • Web Server (karena ekstensinya .php)
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
  • 10-20 Menit
D. RANGKAIAN KEGIATAN
  • Definisi OOP
OOP merupakan kependekan dari Object Oriented Programming (Pemrograman Berbasis Objek) yang merupakan salah satu cara membuat program dengan memecah alur program menjadi modul modul sederhana yang disebut dengan objek. setiap objek akan memiliki fungsi dan tugas tersendiri. OOP berbeda dengan gaya penulisan prosedural. dimana prosedural progamming yang memecah program menjadi fungsi-fungsi / prosedural.

Object Oriented Programming dengan PHP
Saat ini Object Oriented Programming (OOP) telah menjadi standar dalam dunia pemrograman, termasuk PHP. walaupun kita bisa membuat program PHP tanpa menggunakan OOP sama sekali, namun untuk membuat aplikasi "real world" yang fleksibel, programmer PHP akan beralih menggunakan OOP.

Bagi sebagian orang, khususnya para programmer pemula, merupakan sesuatu yang tidak mudah untuk pindah dari gaya pemrograman prosedural ke OOP. mengapa demikian?. karena ketika belajar programming pertama kali, doktrinasi gaya pemrograman prosedural banyak dilakukan kepada mereka. tapi hal ini sangat beralasan karena ketika belajar pemrograman pertama kali, mereka harus dituntut memahami program yang mereka buat secara algoritmik. dalam hal ini gaya pemrograman prosedural merupakan yang paling mudah dipahami secara algoritmik.

OOP sebenarnya merupakan pengembangan dari gaya pemrograman prosedural. memang untuk OOP ini sangat dirasakan bagi para programmer yang memiliki level advanced, mengapa? karena selain penguasaan dari sisi algoritmik, programmer OOP ini juga harus mampu menyatakan masalah kedalam bentuk objek-objek.

Jika anda bertanya. "Apakah sulit proses pindah dari pemrograman prosedural ke OOP?" jawabannya adalah "Iya"... namun bagian yang sulit dari belajar OOP adalah diawal belajar saja atau dibagian dasar-dasar OOP nya saja. setelah itu... mungkin tidak ada masalah. selain itu kesulitan para programmer ketika mencoba beralih ke OOP adalah kurang dipahaminya buku-buku yang beredar. Hampir kebanyakan buku hanya memberikan sedikit materi, namun langsung praktek, hingga saat seseorang belum paham akan materinya, mereka dituntut untuk langsung praktek.

Jika anda telah mempelajari PHP dasar seperti tipe data, array, dan juga fungsi, mempelajari Object Oriented Programming adalah langkah yang baik untuk selanjutnya. fitur dan desain kode yang ditawarkan dengan membuat program menggunakan objek akan sangat memudahkan kita dalam merancang aplikasi website modern dan memiliki fleksibilitas yan tinggi.

selanjutnya, jika anda memang serius mempelajari PHP. memahami pengertian dan juga cara penulisan dalam OOP sangatlah penting. aplikasi framework PHP seperti Code Igniter, Yii Framework, Symfony dan juga laravel, semuanya menggunakan OOP.


E. MASALAH YANG DIDAPATKAN
  • Tidak Ada
F. KESIMPULAN
  • Kita Telah Mempelajari Mengenai PHP OOP
G. REFERENSI
  • DuniaIlkom
  • Ebook Panduan Praktis OOP di PHP

Sekian sharing saya pada kesempatan kali ini...semoga bermanfaat....

Wassalammualikum Wr. Wb.