LBS (Location Based Services)

A. PENDAHULUAN


  • Pengertian
LBS (Location Based Services) adalah sebuah layanan tingkat perangkat lunak yang menggunakan data lokasi untuk mengendalikan fitur. LBS adalah layanan informasi dan memiliki sejumlah kegunaan dalam jejaring sosial saat ini sebagai informasi, hiburan atau keamanan, yang  dapat diakses dengan perangkat mobile melalui jaringan seluler dan yang menggunakan informasi mengenai posisi geografis perangkat mobile.

  • Latar Belakang
Penasaran mengenai defini LBS dan Sejarahnya membuat saya mempelajarinya dan men-sharingkannya pada blog saya ini.
  • Maksud dan Tujuan
Dapat Mempelajari LBS serta dapat mengerti maksud dari definisi LBS. serta sejarah LBS.


B. ALAT DAN BAHAN
  • 1 Buah PC/Laptop
  • Akal sehat
C. HASIL YANG DIHARAPKAN
  • Dapat Mempelajari LBS dan mengerti akan maksud dari LBS. dan Sejarahnya
D. PEMBAHASAN
  • Definisi LBS
LBS (Location Based Services) adalah sebuah layanan tingkat perangkat lunak yang menggunakan data lokasi untuk mengendalikan fitur. LBS adalah layanan informasi dan memiliki sejumlah kegunaan dalam jejaring sosial saat ini sebagai informasi, hiburan atau keamanan, yang  dapat diakses dengan perangkat mobile melalui jaringan seluler dan yang menggunakan informasi mengenai posisi geografis perangkat mobile.

LBS dapat digunakan si bidang kesehatan, pencarian objek dalam ruangan, hiburan, pekerjaan, kehidupan pribadi, dll.

LBS mencakup layanan untuk mengidentifikasi lokasi seseorang atau objek, seperti mencari suatu tempat terdekat menurut kebutuhannya.

  • Sejarah
LBS adalah bagian dari hampir semua sistem kontrol dan kebijakan yang bekerja di komputer saat ini. LBS telah berevolusi dari model layanan berbasis sinkronisasi sederhana hingga alat yang terkoneksi dan kompleks untuk menerapkan hampir semua model layanan berbasis lokasi atau fasilitas.

LBS merupakan kemampuan untuk membuka dan menutup objek data spesifik berdasarkan penggunaan lokasi atau waktu sebagai kontrol dan pemicu atau sebagai bagian dari kunci kriptografi atau sistem hashing yang rumit dan data yang mereka berikan aksesnya. layanan berbasis lokasi saat ini adalah bagian dari segala hal mulai dari sistem kontrol hingga senjata cerdas. mereka secara aktif menggunakan triliyunan kali sehari dan mungkin merupakan salah satu kerangka keputusan layer aplikasi yang paling banyak digunakan dalam komputasi saat ini.

Pelopor layanan berbasis lokasi hari ini meliputi sistem Active Badge Inframerah (1989-1993), uji coba Ericsson-Europolitan GSM LBS oleh Jorgen Johansson (1995), dan tesis master yang ditulis oleh karyawan Nokia Timo Rantalainen pada tahun 1995.

Pada tahun 1990 International Teletrac Systems (kemudian PacTel Teletrac), yang didirikan di Los Angeles CA, memperkenalkan layanan pemulihan kendaraan real-time pertama yang nyata di dunia. sebagai kedekatan dengan ini, mereka mulai mengembangkan layanan berbasis lokasi yang dapat mengirimkan informasi tentang barang dan layanan berbasis lokasi ke Pager Motorola alfanumerik terprogram. pada tahun 1996 Komisi Komunikasi Federal AS (FCC) mengeluarkan peraturan yang mewajibkan semua operator seluler AS untuk menemukan penelpon darurat. aturan ini merupakan kompromi yang diakibatkan oleh operator seluler AS yang meminta dukungan masyarakat darurat untuk mendapatkan perlindungan yang sama dari tuntutan hukum yang berkaitan dengan panggilan darurat karena operator fixed-line sudah ada.

Pada tahun 1997 Christopher Kingdon, dari Ericsson, menyerahkan deskripsi lokasi lokasi (LCS) tahap 1 kepada kelompok GSM bersama European Telecommunication Standards Institute (ETSI) dan American National Standards Institute (ANSI). Akibatny, sub-kelompok kerja LCS dibuat dibawah ANSI T1P1.5. Kelompok ini melanjutkan untuk memilih metode penentuan posisi dan standarisasi Location Services (LCS), yang kemudian dikenal sebagai Location Based Services (LBS). Node yang didefinisikan meliputi Gateway Mobile Location Center (GMLC), serving Mobile Location Center (SMLC) dan konsep seperti Mobile Originating Location Request (MO-LR), Permintaan Induksi Lokasi terinduksi Jaringan (NI-LR) dan permintaan penerusan Lokasi Mobile (MT-LR). Model penggunaan ini tidak Begitu fungsional pada lapisan konteks aplikasi dan memerlukan lebih banyak kontrol antarmuka pengguna untuk membuatnya ada dimana-mana. kontrol tersebut berasal dari model Glassey yang berkembang yang memperluas ini dan menyediakan sistem sekunder, lebih kuat dan sangat sederhana unntuk mengendalikan objek digital dan proses pengembalian keputusan berdasarkan lokasi dan waktu.

sebagai hasil dari upaya tersebut pada tahun 1999, Paten Pelayanan Berbasis lokasi Digital pertama diajukan di AS dan akhirnya diterbitkan setelah sembilan tindakan kantor pada bulan maret 2002. Paten memiliki kontrol yang bila diterapkan pada model jaringan hari ini memberikan kunci nilai di semua sistem.

Pada tahun 2000, setelah mendapatkan persetujuan dari 12 operator telekomunikasi terbesar di dunia, Ericsson, Motorola dan Nokia bersama-sama membentuk dan meluncurkan Location Interoperability Forum Ltd (LIF). Forum ini pertama kali menentukan Mobile Location Protocol (MLP), sebuah antarmuka antara jaringan telekomunikasi dan aplikasi LBS yang berjalan pada server di Domain Internet. Kemudian Banyak didorong oleh grup Vodafone, LIF melanjutkan untuk menentukan lokasi mengaktifkan server (LES), sebuah middleware, yang menyederhanakan integrasi beberapa LBS dengan infrastruktur operator. pada tahun 2004 LIF bergabung dengan Open Mobile Association (OMA), Kelompok kerja LBS dibentuk di dalam OMA.

Perangkat mobile konsumen pertama LBS adalah Palm VII, yang diluncurkan pada tahun 1999. dua dari aplikasi in-the-box menggunakan kode pos - informasi posisi bertingkat dan berbagai judul untuk aplikasi LBS konsumen pertama: aplikasi Weather.com dari Weather Channel, dan aplikasi TrafficTouch dari Sony-Etak / Metro Traffic.

Layanan LBS pertama diluncurkan pada tahun 2001 oleh TeliaSonera di Swedia (FriendFinder, halaman kuning, rumah susun, lokasi panggilan darurat dll.) dan oleh EMT di Estonia (Lokasi panggilan darurat, pencari teman, permainan TV). TeliaSonera dan EMT mendasarkan layanan mereka pada Ericsson Mobile Positioning System (MPS).

LBS awal lainnya termasuk friendzone, diluncurkan oleh swisscom di swiss pada bulan mei 2001, menggunakan teknologi valis Ltd. Layanan ini termasuk pencari te,am, LBS dating dan game LBS. Layanan yang sama diluncurkan kemudian oleh Vodafone jerman, Orange Portugal dan Pelephone di Israel. Sistem lokasi dalam ruangan berbasis Wi-Fi milik Microsoft RADAR (2000) dan Intel Place Lab dengan lokasi area luas (2003).

Pada bulan Mei 2002, go@ dan AT & T Mobility meluncurkan aplikasi penelusuran lokal LBS mobile pertama (AS) yang menggunakan teknologi Automatic Location Identifies (ALI) yang diberi mandat oleh FCC. pengguna go2 dapat menggunakan ALI AT & T untuk menentukan lokasi dan pencarian mereka di dekat lokasi tersebut untuk mendapatkan daftar lokasi yang diminta (toko, restoran, dsb.) yang berada di dekat ALI yang disediakan oleh jaringan nirkabel AT & T. lokasi yang ditentukan ALI juga digunakan sebagai titik awal untuk petunjuk belokan demi belokan.

Keuntungan utamanya adalah pengguna ponsel tidak perlu menentukan secara manual kode pos atau pengenal lokasi lainnya untuk menggunakan LBS, saat mereka menjelajah ke lokasi yang berbeda. Pelacakan GPS adalah bahan yang memungkinkan , memanfaatkan akses ke web seluler.
  • Menemukan Metode
Ada beberapa cara dimana lokasi suatu objek, seperti ponsel atau perangkat, bisa ditentukan.

Pesawat Kontrol Menempatkan


Dengan penempatan pesawat kontrol, kadang kadang disebut sebagai posisi, penyedia layanan telepon seluler mendapat lokasi berdasarkan penundaan sinyal radio dari menara telepon seluler terdekat (untuk telepon tanpa Fitur GPS) yang bisa sangat lambat karena menggunakan "suara kontrol" saluran Di Inggris, jaringan tidak menggunakan trilateration; layanan LBS menggunakan stasiun pangkalan tunggal, dengan "radius" ketidakakuratan, untuk menentukan lokasi telepon. Teknik ini menjadi dasar mandat E-911 dan masih digunakan untuk menemukan ponsel sebagai ukuran pengaman. ponsel dan PDA yang lebih baru biasanya memiliki chip A-GPS terintegrasi.

Untuk memberikan teknologi LBS yang sukses, faktor berikut harus dipenuhi :
  1. Mengkoordinasikan persyaratan akurasi yang ditentukan oleh dinas terkait
  2. Biaya serendah mungkin
  3. Minimal berdampak pada jaringan dan peralatan.
Beberapa kategori metoode dapat digunakan untuk mencari lokasi pelanggan. Solusi sederhana dan standar adalah berbasis GPS LBS. Sony Ericsson "NearMe" adalah salah satu contohnya. ini digunakan untuk menjaga pengetahuan tentang lokasi yang tepat, namun bisa mahal bagi pengguna akhiir, karena mereka harus berinventasi pada Handset yang dilengkapi GPS. GPS didasarkan pada konsep trilateration, prinsip dasar geometris yang memungkinkan menemukan suatu lokasi jika seseorang mengetahui jaraknya dari lokasi lain yang sudah diketahui.

Posisi diri Dilaporkan

Alternatif biaya rendah untuk menggunakan teknologi lokasi untuk melacak pemain, adalah tidak melacak sama sekali. ini disebut sebagai "self-reported positioning". ini digunakan dalam permainan realitas campuran yang disebut Paman Roy All Around You pada tahun 2003 dan dipertimbangkan untuk digunakan dalam game Augmented reality di tahun 2006. Alih-alih melacak teknologi, pemain diberi peta yang bisa mereka mainkan dan kemudian menandai lokasi diatas. dengan munculnya jaringan berbasis lokasi, ini lebih dikenal sebagai pengguna.

  • Aplikasi
 layanan berbasis lokasi dapat digunakan di sejumlah aplikasi, berikut ini diantaranya :
  1. Merekomendasikan acara sosial di kota
  2. meminta bisnis atau layanan terdekat seperti ATM, Tempat Makan, dll.
  3. Navigasi belokan demi belokan ke alamat manapun
  4. Sistem kesehatan bantu
  5. menemukan orang di peta yang ditampilkan di ponsel
  6. menerima peringatan, seperti pemberitahuan penjualan gas atau peringatan kemancetan
  7. iklan mobile berbasis lokasi
  8. pemulihan aset dikombinasikan dengan RF aktif untuk menemukan. misalnya, aset curian dalam kontainer dimana GPS tidak akan bekerja.
  9. mengkontekstualisasikan pembelajaran dan penelitian
  10. permainan dimana lokasi anda adalah bagian dari permainan game, misalnya gerakan anda selama hari anda membuat avatar anda akan bergerak dalam permainan atau posisi anda membuka konten.
  11. T & J real-time berputar disekitar restoran, layanan, dan tempat lainnya.
  12. melacak pendarat lunar NASA.

untuk karir, layanan berbasis lokasi memberikan nilai tambah dengan mengaktifkan layanan seperti :
  1. Pelacakan sumber daya dengan distribusi dinamis. Taksi Jasa orang, peralatan persewaan, dll.
  2. Pelacakan sumber daya objek tanpa kontrol privasi, menggunakan sensor pasif atau tag RF, seperti paket dan kereta api boxcars.
  3. menemukan seseorang atau sesuatu. Orang dengan keterampilan (dokter, direktori bisnis, navigasi, cuaca, lalu lintas, jadwal kamar, telpon curian, panggilan darurat.
  4. Kedekatan berbasis pemberitahuan (push atau pull). Iklan yang ditargetkan, daftar teman, pencocokan profil umum (kencan).
  5. Kedekatan berbasis aktuasi (push atau pull). Pembayaran berdasarkan kedekatan (EZ pass, toll watch), check in bandara otomatis.
E. TEMUAN PERMASALAHAN
  • Hanya dengan membaca 1x mungkin anda tidak akan mengerti maksud dari postingan ini.
F. KESIMPULAN
  • LBS (Location Based Services) adalah sebuah layanan tingkat perangkat lunak yang menggunakan data lokasi untuk mengendalikan fitur.
G. REFERENSI

Sekian sharing saya hari ini mengenai LBS...semoga Bermanfaat...

Wassalammualaikum Wr. Wb.