HTML Tutorial Part 4: cara membuat judul, membuat baris baru text, membuat garis, membuat paragraf

Assalamualaikum Wr.Wb
bertemu lagi bersama saya "angga nur cahya pramudya", kali ini saya membagi tutorial tentang bagaimana cara membuat judul, baris baru text, membuat garis, dan membuat paragraf pada HTML. Terlalu banyak?, jangan mengeluh, karena script diatas tidaklah banyak, dan sangat mudah dipelajari....baik, langsung saja kita bahas!!!


A. Pendahuluan
1. Pengertian
          HTML (Hypertext Markup Language) adalah sebuah bahasa formatting yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website. 
2.  Latar Belakang
3. Maksud dan Tujuan
          - mendalami tag pada html (termasuk title, br, hr, p)
          - menerapkan Tag tersebut pada HTML

B. Alat dan Bahan
          - 1 unit PC/Laptop
          - text editor 
          - Browser (semua browser)

C. Pembahasan 
           ketikkan script berikut:
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Create-Script</title>
</head>
<body>
<p>saya memang ganteng, saya memang keren, tapi semua itu nggak ada apa-apanya tenpa kuasa dari allah :-)</p>
<p>saya anak rpl, saya ingin jadi programmer, tapi jika saya tidak berusaha, hasilnya akan sama saja</p>
</body>
</html>
dan hasilnya akan seperti ini
nah, saya akan bahas dulu mengenai Tag <title> dan <p>:
   -Tag title digunakan untuk membuat judul pada atas halaman website, tag title harus diawali dengan <title> dan diakhiri dengan </title>, karena jika tidak, akan error pada judulnya
   -Tag p digunakan untuk membuat paragraf, biasanya didalam Tag p tersebut terdapat text yang jumlah text nya relatif panjang, Tag ini harus diawali dengan <p> dan diakhiri dengan </p>.


Selanjutnya, ketik Tag <br/> dan <hr> pada tengah text yang ada di dalam Tag p (dterserah mau diletakkan pada bagian mana.....ikut" seperti contoh juga gakapa-apa), contoh seperti berikut:
dan hasilnya adalah seperti berikut:
akan muncul garis dan text baru....baik, mari kita bahas.
Selanjutnya adalah Tag <br> dan <hr>:
-Tag <br> digunakan untuk membuat baris baru pada text, Tag ini tidak perlu ditutup dengan </br>, jadi dapat langsung diletakkan pada halaman yang akan dibuat baris barunya.
-Tag <hr> digunakan untuk membuat garis horizontal, Tag ini juga tidak perlu diberi Tag untuk menutup, seperti layaknya Tag <br>, Tag ini dapat langsung digunakan pada tempat yang ingin diberi garisnya, tanpa menggunakan Tag untuk menutup.

D. Kesimpulan
tag tersebut ada yang perlu menggunakan tag penutup dan ada yang tidak perlu memberi tag penutup.

sekian sharing saya mengenai cara membuat judul, membuat baris baru text, membuat garis, membuat paragraf, mudah kan?, semoga bermanfaat....

Wassalammualaikum Wr.Wb